10 Rahasia ini Dapat Membantumu Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Seringkali ingin traveling namun terhambat dengan budget yang terbatas? Apalagi status yang masih mahasiswa dan belum memiliki penghasilan sendiri. Terus, gimana? Travelingnya tunggu udah kerja atau tunggu diajak orang tua gitu? Tenang, Kalian bisa mensiasatinya kok dengan meminimalisir pengeluran yang paling besar saat traveling, salah satunya adalah dengan mencari tiket murah. Selain akomodasi atau hotel, salah satu pengeluaran terbesar saat kita traveling ada di tiket pesawat (ranseltravel.com). Namun, perlu strategi untuk mendapatkan tiket pesawat murah yang nantinya cukup membantu mengurangi pengeluaran kita loh. Berikut ini 10 rahasia yang dapat membantumu mendapatkan harga tiket murah, yuk di simak 🙂

1. Pastikan Kamu Memiliki Koneksi Internet

27042016 12

Kini apapun dapat kita lihat di internet. Internet dapat memudahkan kita untuk memantau harga tiket dimanapun kapanpun. Bahkan ada quotes yang mengatakan bahwa I don’t need a stable relationship, I just need a stable internet connection. Hahah. Hal tersebut menunjukkan bahwa internet kini sudah sangat penting. Adanya wifi atau internet dapat menjadikan kita dapat mencari informasi sebanyak-banyaknya termasuk harga tiket murah. Aku selama ini sangat merasakan manfaat adanya internet dalam membantuku mencari tiket yang murah. Sudah hampir 3 tahun belakangan aku tidak pernah lagi ke offline tour and travel untuk membeli atau sekedar mencari tiket dengan harga terbaik. Aku merasa dengan internet aku dapat mencari tiket dengan harga yang lebih murah kapanpun dimanapun. Sebagai anak kuliahan (dulu) dengan koneksi internet yang lumayan di lingkungan UI, pergi ke Margonda untuk membeli tiket agak menyita waktu. Aseeeek :p

 

2. Tidak Memesan Tiket pada Waktu Dekat

27042016 17

Usakahakan untuk menghindari pemesanan tiket dekat dengan hari H atau baru membeli tiket saat udah di bandara hmm (kecuali memang kamu punya rencana dadakan ya, itu lain cerita hhe). Apalagi saat itu merupakan peak season atau saat musim lebaran misalnya. Wow, harga tiket gak perlu ditanya lagi. Jika memang liburanmu bukan yang secara dadakan, usahakan mencari tiket jauh-jauh hari ya. Tiket yang murah bisa kita dapatkan bisanya 2-6 bulan sebelumnya. Promo tiket dari AirAsia atau TigerAir misalnya, biasanya mereka memberikan promo untuk penerbangan minimal 3-12 bulan dihitung dari tanggal promo itu diberikan.

Eits, tapi tidak menutup kemungkinan juga sih akan ada tiket murah menjelang hari H. Seperti aku yang akhir-akhir ini sering banget membeli tiket rute Jakarta – Balikpapan atau sebaliknya di H-2 atau H-1 keberangkatan. Jika diamati, pembelian tiket untuk rute tersebut kayaknya sama aja kalau aku beli sebulan atau menjelang hari H. Bahkan beberapa kali aku mendapatkan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan memesan sebulan sebelumnya , saat itu sedang peak season loh. Tapi hal ini kayaknya gak berlaku untuk banyak rute di Indonesia, yang jika mendekati peak season harga tiket bisa melambung tinggi.

Usahakan juga mencari tiket pada weekdays, karena pada weekdays harga cenderung lebih murah jika kalian mencarinya saat weekend, hmm mungkin dengan asumsi saat weekdays umumnya orang sibuk kerja dan ga sempat untuk iseng berburu tiket murah. Berbeda jika weekend, banyak orang yang memiliki waktu luang sehingga peluang untuk mencari tiket murah lebih banyak.

3. Selalu Pantau Promo Tiket

27042016 22

Image by Piretes.wikia.com

Yap! Selalu pantau promo tiket. Beberapa temanku selalu bertanya, “Kok kamu bisa tau sih kalau ada promo tiket ini dan itu?” Ya, salah satu rahasianya harus rajin pantau harga dan promo tiket. Jangan lupa untuk follow media sosial beberapa maskapai yang memang sering memberikan promo tiket gila-gilaan. Misalnya Free Seat dari AirAsia, Beli Pergi Pulangnya Dibayarin dari TigerAir, dan masih banyak lagi yang lainnya. Aku juga biasanya berlangganan newsletter dari mereka. Jadi, gak semuanya newsletter nyebelin karena nyampah kok hha. Biasanya dengan berlangganan newsletter dan memantau media sosial mereka, aku menjadi lebih tahu lebih dulu ketika memang akan ada promo besar-besaran. Seperti AirAsia dan TigerAir misalnya bahkan aku memilih pilihan adanya notifikasi di akun facebook  jika mereka posting sesuatu loh. Saking gak mau ketinggalannya hhe 🙂 Ohya karena selalu memantau promo tiket ini, pernah loh aku dapet tiket dengan harga murah banget. Misalnya saat ke JKT-KUALA LUMPUR dapet harga Rp 300.000,- PP (Gilak ini udah ngalahin tiket pulang ke Balikpapan), JKT-SINGAPORE PP Rp 500.000,- (Banyak yang lebih rendah dari harga ini lagi loh), JKT-KL Oneway Rp 150.000,-. Ohya, selain itu banyak lagi harga tiket yang aku lihat kebeberapa tujuan dan lebih parah murahnya, tapi tetep ga beli karena terhambat oleh tanggal yang gak cocok.

27042016 1

Notifikasi yang aku atur agar ON di akun Facebook AirAisia

4. Cek Harga Tiket di Mesin Pencari Tiket

Dengan adanya teknologi kita sekarang sangat dibantu banget loh untuk mencari tiket dengan harga terbaik. Salah satunya yaitu menggunakan web pencari tiket (kok istilahnya rada aneh ya). Yap, ada beberapa web pencari tiket yang aku tahu. Menurutku mereka ini ibarat seperti Google khusus mencari tiket dengan harga terbaik hhe. Pertama yang aku tahu adalah Skyscanner. Mungkin diantara kalian banyak yang udah tahu Skyscanner itu apa, tapi ternyata banyak juga yang masih asing dengan web ini loh. Beberapa temanku yang kusarankan menggunakan Skyscanner untuk mencari tiket murah bahkan katanya belum familiar dengan web tersebut. Selain Skyscanner, beberapa web yang belakangan aku tahu sejenis dengan Skyscanner adalah Kayak.com,  Momondo.com, Google Flights, dan Hipmunk. Prinsip web tersebut adalah membandingkan harga tiket dari beberapa web penjual tiket yang selama ini juga terkenal memberikan harga tiket yang terbaik (Seperti Via.com, Expedia, GotoGate, Mytrip, Tiket.com, bahkan situs dari maskapai penerbangan itu sendiri).

Selain itu, Skyscanner memudahkan kita yang fleksibel dengan rute dan waktu keberangkatan untuk mencari rute dengan harga termurah looh. Ini sangat memudahkan saya banget saat menjadi mahasiswa dulu yang waktunya fleksibel LOL. Ohya, gegara mencari tiket di situs pencari tiket ini aku pernah loh mendapatkan tiket promo Garuda Indonesia dengan rute Balikpapan – Jakarta cuma 400 ribu. Jarang-jarang kan bisa naik Garuda dengan harga segitu (nasib mahasiswa). Bahkan saat aku tanyakan harga ini ke counter resmi Garuda Indonesia yang kebetulan deket dengan rumah, mereka bilang gak ada harga tiket segitu, mungkin itu hanya dijual online saja. Hah! Lumayan, bungkus!

27042016 13

Kemudahan yang dimiliki oleh Skyscanner

5. Join di Grup Backpacker atau Traveling

Selain berlangganan newsletter, join dengan grup backpcker di sosial media sangat membantu untuk mengetahui beberapa promo tiket yang bahkan gak di pos di manapun loh. Selain itu, bergabung dengan grup sejenis juga dapat memperkaya pengetahuan kalian mengenai dunia backpacker/traveling. Gak jarang juga mereka membagikan tips agar mendapatkan tiket murah. Kalian mungkin bisa bergabung di forum Kaskus Travellers, BackpackerIndonesia.com, grup facebook Backpacker Dunia dan Pemburu Tiket Promo. Dua grup terakhir yang saya sebutkan merupakan grup andalan yang biasanya sering saya pantau agar mendapatkan info tiket promo hhe.Gak hanya itu, di kedua grup tersebut sering banget dapat info-info berguna dan infonya bener-bener update dibandingkan saya harus cari di Google. Heheh. Pokoknya dua grup itu masterpiece banget deh! Rekomen banget buat kalian join!

 

Ini mereka bukan lagi jualan tiket loh, tapi share harga tiket yang lagi promo. Murah parah!
Sumber : Grup Backpacker Dunia dan Pemburu Tiket Promo

Mungkin kalian kalau hanya mengandalkan informasi dari newsletter dan media sosial maskapai gak akan mendapatkan informasi tiket semurah itu (misalnya ke Paris PP cuma 4jtan by Qatar, ke JKT – London oneway by Garuda Indonesia cuma 2,6 juta). Karena pada kenyataannya setelah mereka share harga semurah itu, aku langsung cek ke media sosial maskapai bersangkutan, tapi mereka gak ada sama sekali nge-publish klo mereka lagi promo semurah itu. Wow!

6. Saat Kamu Mengetahui Besok Akan Ada Promo Tiket Besar-besaran, Bersiaplah untuk WAR!

 

27042016 15

Image by randomwalpapers.net

Kalau di UI pasti pernah ikutan SIAK WAR, yaitu saat dimana kalian akan berebut matakuliah pada hari dan jam dimana pembukaan mata kuliah dimulai. Yap, begitu juga dengan promo tiket. Biasanya, maskapai yang akan mengadakan promo besar-besaran akan mengumumkan 1-2 hari sebelum promo dimulai. Jadi, bersiaplah sebelum pukul 00.00 pada hari H. Biasanya WAR akan ditandai dengan web maskapai yang mulai down haha atau loading yang lama. Sering juga pada tahap pembayaran yang susah banget 😦 Saya sering banget mengalami hal tersebut kalau ikutan WAR di hari H, haha. Kadang semaleman ga tidur nungguin loading yang lama atau pembayaran yang gagal. Huffft. Ada harga ada rupa kan yaaa. Namanya juga tiket promo, kalo gak mau ribet ya beli aja tiket dengan harga normal. Namun, setelah dapat tiket dengan harga yang termurah, sumpah leganya bukan main. Bener-bener kayak menang WAR sesungguhnya!

7. Jangan Memilih Tanggal pada Saat Weekend atau Libur Panjang

Portrait of a young blonde woman sitting in a chair by a window with a laptop on her lap

Image by © Tabor Gus/Corbis

Aku seringkali melihat komentar-komentar di media sosial AirAsia yang menanyakan mengapa saat AirAsia sedang promo Free Seat mereka tidak pernah mendapatkan harga murah seperti yang dikatakan oleh AirAsia? Lalu, saya melihat balasan dari pihak AirAsia bahwa ia disarankan untuk menghindari tanggal-tanggal weekend dan libur panjang. Apalagi bagi kalian yang kalah WAR, jangan harap dapat penerbangan weekend atau pada libur panjang ya. Bisa disimpulkan bahwa semua orang pasti mengincar weekend dan libur panjang sehingga jika kita kurang cepat pasti tiket pada tanggal tersebut habis terjual (:

8. Pilih Rute Terbaik. Transit or Direct?

27042016 16

Image by Google

Apa maksudnya pilih rute terbaik? Yap, terkadang rute yag transit bisa jauh lebih murah dengan rute yang langsung loh. Contohnya pemilihan rute langsung Jakarta ke Paris akan lebih mahal dibandingkan dengan Jakarta – Kuala Lumpur – Paris. Memang entah mengapa, penerbangan yang start from Kuala Lumpur atau Singapore seringkali lebih murah dibandingkan jika kita memilih langsung penerbangan dari Jakarta. Seringkali juga terdapat promo-promo tiket yang keberangkatannya start from Malaysia atau Singapore. Jadi, kalau cari tiket jangan cuma cari keberangkatan dari Jakarta ya, coba lihat penerbangan yang mulai dari Malaysia atau Singapore. Contoh harga yang gila-gilaan dari kedua negara tersebut kalian bisa lihat di poin 5 yaa, yang kalau dibandingkan dengan keberangkatan dari Jakarta jauh banget bedanya loh 😦

Bagi kalian yang ada di daerah, seperti saya dan merasa penerbangan ke Malaysia atau Singapore mahal, ohh jangan sedih. Semenjak ada AirAsia yang melayani penerbangan direct ke Kuala Lumpur dari beberapa daerah di Indonesia menjadikan liburan ke luar negeri bukan lagi sekedar mimpi hhe. Bahkan terkadang harga yang ditawarkan jauh lebih murah jika mengambil penerbangan langsung ke Kuala Lumpur daripada harus pergi ke Jakarta dulu loooh. Well, ini gak di endorse sama AirAsia tapi emang kenyataannya gitu :’)

9. Bergabunglah dengan Frequent Flyer Program

27042016 18

Image by Telegraph.co.uk

Jadi, frequent flyer program adalah program yang diberikan oleh pihak maskapai untuk mempertahankan loyalitas dari konsumen. Apakah berbayar? Program ini bener-bener gratis tis tis! Dengan bergabung program ini kita akan dapat poin atas pembelian yang telah kita lakukan. Contohnya Garuda Indonesia dengan Garuda Miles nya, AirAsia dengan AirAsia BIG, Singapore Airlines dengan KrisFlyer, Cathay Pasific dengan Asia Miles dan masih banyak yang lainnya. Poin yang kita  kumpulkan nantinya dapat ditukarkan dengan tiket gratis atau potongan harga. Nah, lumayan banget kan 🙂

10. Sudah Cari Tiket? Jangan Lupa untuk Hapus Cookies atau History Pencarian yang Telah Dilakukan

27042016 21

Image by Reddit.com

Loh, kok gitu? Yap, beberapa maskapai memasang cookies yang dapat mendeteksi pencarian kalian. Semakin sering melakukan pencarian dengan rute yang sama maka akan terdeteksi bahwa tiket tersebut dibutuhkan dan kemungkinan besar akan dibeli. Maka harga yang tertampil semakin lama semakin naik dari harga sebelumnya. Sering kan merasa, kok semakin lama harganya naik terus yaa? Nah bisa jadi website tersebut mendeteksi pencarian yang kamu lakukan terhadap rute tertentu dan mereka menyimpulkan bahwa kamu sangat membutuhkan tiket dengan rute penerbangan tersebut.

Advertisements

One thought on “10 Rahasia ini Dapat Membantumu Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

  1. Pingback: 10 Rahasia ini Dapat Membantumu Mendapatkan Tiket Pesawat Murah – Love Sea, Sky and Forest

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s